22 July 2013

TUJUAN JANGKA PANJANG PERUSAHAAN

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
TUJUAN JANGKA PANJANG

Tujuan jangka panjang merupakan pernyataan dari hasil yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan dalam periode tertentu yang umumnya tiga sampai lima tahun.Untuk mencapai kemakmuran jangka panjang,para perencana strategis umumnya menetapkan tujuan jangka panjang dalam 7 bidang yaitu :

a) Probabilitas
kemampuan dari suatu perusahaan untuk beroprasi dalam jangka panjang bergantung pada perolehan tingkat laba yang memadai yang dimana umumnya memiliki tujuan laba dinyatakan dalam bentuk laba perusahaan atau tingkat pengembalian atas ekuitas.

b) Produktivitas
Perusahaan yang dapat memperbaiki hubungan input-output pada umunya dapat meningkatkan produktivitas. Oleh karenanya perusahaan menyatakan suatu tujuan produktivitas. Tujuan produktivitas yang umum digunakan adalah jumlah barang yang diproduksi atau jumlah jasa yang diberikan per unit input. Namun tujuan produktivitas kadang kala dinyatakan dalam bentuk penurunan biaya yang diinginkan.

c) Posisi kompetitif
Salah satu ukuran keberhasilan perusahaan adalah dominasi relatifnya di pasar.Sering kali penjualan total atau pangsa pasar dijadikan sebagai ukuran posisi kompetitif perusahaan. Tujuan yang berkaitan dengan posisi kompetitif dapat mengindikasikan prioritas jangka panjang perusahaan.

d) Pengembangan karyawan
Karyawan menghargai pendidikan dan pelatihan sebagian karena hal tersebut mengarah pada kompensasi dan jaminan kerja yang lebih tinggi. Hal ini sering kali meningkatkan produktivitas dan mengurangi perputaran karyawan. Oleh karena itu para pembuat keputusan strategis sering kali memasukkan tujuan pengembangan karyawan dalam rencana jangka panjangnya.

e) Hubungan dengan karyawan
Para manajer strategis yakin produktivitas berhubungan dengan loyalitas karyawan dan apresiasi atas perhatian manajer terhadap kesejahteraan karyawan. Oleh karena itu mereka menetapkan tujuan untuk memperbaiki hubungan dengan karyawan. Beberapa tujuan mencakup program keselamatan kerja, perwakilan pekerja dalam komitmen dan rencana kompensasi berbasis saham.

f)  Kepemimpinan Teknologi
Perusahaan harus memutuskan apakah akan menjadi pemimpin atau hanya pengikut di pasar. Setiap pendekatan dapat berhasil, tetapi masing-masing membutuhkan postur strategi yang berbeda. Oleh karena itu banyak perusahaan menyatakan suatu tujuan berkaitan dengan kepemimpinan teknologi.

g) Tanggung jawab kepada masyarakat
Banyak perusahaan mencoba untuk memenuhi tanggung jawab sosialnya melampaui persyaratan pemerintah.Perusahaan itu bukan hanya bekerja untuk mengembangkan reputasi sebagai produsen dari produk dan jasa dengan harga yang layak melainkan juga menjadi warga negara yang bertanggung jawab.

Kualitas Tujuan Jangka Panjang
  • Dapat diterima
  • Flexibel
  • Terukur
  • Memotivasi
  • Sesuai
  • Dapat dipahami
  • Dapat dicapai.
Balanced Scorecard (kartu stok berimbang)
Merupakan sekelompok ukuran yang berkaitan langsung dengan strategi perusahaan. Scorecard yang dibuat dengan baik akan menyeimbangkan ukuran jangka pendek dengan jangka panjang, ukuran keuangan dengan nonkeuangan, serta perspektif kinerja internal dengan eksternal. Tujuannya mengarahkan suatu perusahaan untuk mengaitkan strategi jangka panjangnya dengan sasaran tindakan yang nyata yang dimana memungkinkan manajer untuk mengevaluasi perusahaan dari empat perspektif. Mencapai target pada suatu perspektif seharusnya mengarah pada perbaikan yang diinginkan pada perspektif berikutnya dan begitu seterusnya sehingga kinerja perusahaan meningkat secara keseluruhan.Adapun bagannya tergambar seperti berikut:
 
 
 
 Strategi Umum
 
Merupakan gagasan inti mengenai bagaimana suatu perusahaan dapat paling baik bersaing di pasar.Banyak perencana yakin bahwa strategi jangka panjang sebaiknya diturunkan dari usaha perusahaan untuk mencari keunggulan kompetitif berdasarkan salah satu dari tiga strategi umum :
  1. Berjuang untuk mencapai keunggulan biaya rendah secara keseluruhan dalam industri.
  2. Berjuang menciptakan dan memasarkan produk-produk unik untuk beragam kelompok pelanggan melalui diferensiasi.
  3. Berjuang memiliki daya tarik khusus bagi satu atau lebih kelompok pelanggan atau pembeli industri dengan berfokus pada biaya atau diferensiasi.
Kepemimpinan Berbiaya Rendah

Para produsen berbiaya rendah biasanya unggul dalam hal penghematan dan efesiensi biaya.Perusahaan memaksimalkan skala ekonomi, menerapkan teknologi,penghematan biaya, menekankan pada pengurangan beban overhead dan administrasi, dan menggunakan teknik volume penjualan untuk menaikkan posisinya di kurva laba. Seorang pemimpin berbiaya rendah mampu menggunakan keunggulan biayanya untuk menawarkan harga yang lebih rendah atau untuk menikmati margin laba yang lebih tinggi. Dengan melakukan hal tersebut, perusahaan dapat secara efektif mempertahankan.
Description: TUJUAN JANGKA PANJANG PERUSAHAAN Rating: 4.5 Reviewer: petanimilenial ItemReviewed: TUJUAN JANGKA PANJANG PERUSAHAAN

2 komentar:

  1. Tujuan Jangka Panjang Perusahaan ~ Light Squad >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Tujuan Jangka Panjang Perusahaan ~ Light Squad >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Tujuan Jangka Panjang Perusahaan ~ Light Squad >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete