28 July 2013

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot atau Lambat Terbaru

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Mungkin diantara para Android'ers semua sering merasa jengkel dan seakan-akan ingin membanting HPnya karena lama kelamaan performa hp semakin lemot atau lambat aja...eitss tunggu dulu,sabar bro..dibanting juga gak bakalan nyembuhin kok,,,hehehe...tapi tenang, kali ini saya mau berbagi informasi tentang Cara Mengatasi HP Android yang Lemot atau Lambat.  Memang dari segi performa, HP Android atau smartphone lainnya memang lebih unggul daripada jenis ponsel yang biasa lainnya. Apalagi dibandingin HP2 jadul yang sering ngadat dari merk terkenal di era abad 20an itu tu.. Tapi tetap aja, HP Android bisa mengalami yang namanya lemot, lambat atau bahkan Hang terkhusus untuk yang punya spesifikasi rendah.

Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan HP Android menjaid lemot, seperti saat dipakai smsan atau membuka banyak aplikasi bersamaan sering kali ngadat. Kejadian ini biasanya karena banyak "cache" yang masih tersimpan di memori internal, menginstal game-game berukuran besar, menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, dll.

Ok langsung saja saya berikan sedikit tips dan trik untuk mengatasinya, silahkan disimak baik-baik
  • Clear atau Hapuslah Cache Pada Memori Internal
Seperti yang disinggung di atas, memang terlalu banyaknya "Cache" yang tersimpan di memori sistem HP menjadi faktor yang sering menjadikan lemot. Hal ini biasanya kurang disadari oleh para pengguna HP Android, bahwa sebenarnya Hp mereka menyimpan "Cache" yang setiap saat akan terus bertambah dan akan membuat kinerja Hp menjadi semakin lambat. Biasanya aplikasi yang meng-generate paling banyak cache adalah browser, aplikasi chatting, dll. Solusi untuk mengatasi masalah ini tidak begitu sulit, sobat bisa menggunakan aplikasi "History Eraser" untuk menghapus cache-cache yang tersimpan di HP Android sobat. Cara pakainya pun juga sangat mudah, cukup buka aplikasinya dan klik "Clean Selected" dan cache-cache yang tersimpan di hp Android sobat akan terhapus.
  • Pindahkan Aplikasi Androidmu ke external memory
Pada settingan defaultnya, aplikasi android yang kita instal akan tersimpan di internal memory, yang artinya semakin banyak aplikasi yang terinstal, maka internal memory akan semakin menipis, dan jika hal itu terjadi, udah pada ngerti kan?yups bakalan lemot karena low memory. Nah solusi untuk mengatasi masalah ini, cukup mudah yaitu dengan memindahkan aplikasi dari memory internal ke external secara manual. Silahkan ke menu setting >> application >> manage Application ( pilih aplikasi yang ingin dipindah ) >> lalu klik move to SD Card. Tapi tidak semua aplikasi dapat dipindah ke external memory. Untuk panduan memindahkan dengan menggunakan aplikasi tambahan dapat sobat baca pada postingan saya selanjutnya tentang Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card Terbaru 2013 .
  •  Jangan Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan
Salah satu keunggulan Smartphone seperti Android adalah kemampuannya menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam waktu bersamaan, atau bahasa kerennya "Multi Tasking." Tapi apabila terlalu banyak aplikasi yang dijalankan dalam waktu bersamaan, tentu saja akan membuat kinerja HP Android menjadi melambat. Tentukan prioritas atau pandai-pandai memilih aplikasi mana yang perlu dibuka dan digunakan secara bersama utamanya aplikasi yang terus menyala atau digunakan.
  • Tidak Menggunakan Live Wallpaper
Penggunaan Live Wallpaper merupakan salah satu penyebab mengapa HP Android menjadi lambat. Jadi, sebagai gantinya sobat cukup menggunakan Wallpaper biasa bawaan HP aja.
  • Hapuslah Aplikasi Yang Tidak terlalu dibutuhkan
Sobat harus tahu kalau semakin banyak menginstal aplikasi apalagi yang berukuran besar dan terus menggunakannya atau mengaktifkannya maka setiap aplikasi itu aktif akan memakan memory resource pada HP android anda, oleh karena itu saya sangat menyarankan untuk menginstal aplikasi-aplikasi yang memang benar-benar dibutuhkan saja
  • Jangan Menginstal Game HD Jika Spesifikasi Kurang Mendukung
Buat para game mania,masih banyak yang membeli HP Android karena tahu kalau bisa digunakan untuk bermain game yang keren-keren. Dengan membeli HP Android tanpa melihat spesifikasinya dan langsung mengisntal berbagai game HD di HP mereka, dan tahu sendirilah apa akibatnya jika HP tak mampu tapi tetap dipaksa! Jadi saya sarankan jika memang ingin menginstal game HD, lihat dulu kemampuan HP Androidmu dulu, dan jika memang kurang mampu jangan banyak-banyak menginstalnya.

Ok, demikianlah beberapa tips yang bisa saya sampaikan. Apabila ada yang kurang jelas jangan sungkan untuk berkomentar di bawah. Saya akan selalu mengupdate informasi terbaru mengenai Cara Mengatasi HP Android yang Lemot atau Lambat jadi jangan bosan untuk mengunjungi gubuk kenyamanan laskar cahaya ini. terimakasih atas kunjungannya :D
Description: Cara Mengatasi HP Android yang Lemot atau Lambat Terbaru Rating: 4.5 Reviewer: Gus Nur ItemReviewed: Cara Mengatasi HP Android yang Lemot atau Lambat Terbaru

32 komentar:

  1. ketika kita sudah memindahkan data ke memori sd card(eksternal).Apakah data itu,masih masih tersimpan juga di memori internalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapet lagi tips yang OK nih..
      heheheh
      thanks alot buat adminnya udah sharing. :)

      salam kunbal Bandung IT

      Delete
  2. Klo samsung f*m* itu emang ga bisa dipindahin ke sd card ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah kamar bos,, baca artikel saya di http://laskarcahaya.blogspot.com/2013/07/cara-memindahkan-aplikasi-android-ke-sd.html

      Delete
  3. Kalau misalnya paket on tapi tiap bbman pending terus itu kenapa ya? Ada cara mengatasinya ga?

    ReplyDelete
  4. Mantabss gannn
    thanks buat infonya... :)

    ReplyDelete
  5. This is your reference information and technology
    Visiting My BlogSite

    http://adf.ly/bBf37

    Read More My Article In My Blog
    And Thank's For U Friend....

    ReplyDelete
  6. Bermampaat skali ajuan nd saranya..
    Thnk's untuk admin'a..

    ReplyDelete
  7. Bermampaat skali ajuan nd saranya..
    Thnk's untuk admin'a..

    ReplyDelete
  8. Bermampaat skali ajuan nd saranya..
    Thnk's untuk admin'a..

    ReplyDelete
  9. Nanti gua cobain dulu kalo benerr..

    ReplyDelete
  10. Gan klo sya lg maen tp pas d sentuh framenya low

    ReplyDelete
  11. gan ane baru beli android, nah pada saat pengisian aplikasi sama counter hp didalam nya kosong untuk memori exsternal jadi aplikasi numpuk di internal, terus semenjak itu hape lemot terus kira2 nge "lag" 10 detik gitu, kemudian udah dipindah ke exsternal tapi gan tetep aja nge "lag" terus gimana gan solusinya???

    ReplyDelete
  12. Gan,nuwun sewu,numpang tanya.
    Memory exstrnl ane ada 96 file yg tdk bisa d hapus/format baik lewat hp maupun laptop. Gmn biar memori ane bisa d pake normal lagi. Trims.

    ReplyDelete
  13. Mantaap bro .. mkasiih bro atas info ny .. sekarang hp andro saya nggk terlalu lelet lgi bro

    Thanks yooooo

    ReplyDelete
  14. Belum punya android tapi bagi teman yang punya android tips bisa dijalankan ini

    ReplyDelete
  15. Gan mau tanya, kalo android sering2 dpake buat maen game bisa bikin lambat gk?

    ReplyDelete
  16. nice post brother
    selamat sore min, numpang promote yaaa

    http://www.originalmobileshop.com
    solusi untuk semua gadget anda dan keluarga

    thx ya min, maap ganggu

    ReplyDelete
  17. Post Anda Sangat Membantu Jangan Lupa kunjungi Blog Saya!! http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete
  18. Tidak menggunakan live wallpaper itu baik untuk meningkatkan kinerja handphone,mungkin lebih baik jika menggunakan custom rom ya mas,tapi takut saya entar bootloop bingung.

    Visit bak ya : http://www.triatma.us/2014/11/tips-sederhana-agar-androidmu-tidak.html

    ReplyDelete