18 July 2013

Membuat Halaman Kontak ( Contact Form ) di Google Drive

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Buat Blogger pemula tentunya ada beberapa yang kesulitan ketika hendak membuat halaman kontak di blog. Oleh karena itu saya akan menjelaskan tentang cara mudah membuatContact Form di Google Drive untuk dipakai pada halaman kontak blog anda. 

Google Drive merupakan layanan gratis dari Google yang menyediakan beberapa fasilitas yaitu dapat membuat Document (dokumen), Presentation (materi Presentasi), Spreadsheet (halaman dengan baris dan kolom / tabel), Form (formulir), dan Drawing (gambar). Mungkin beberapa dari anda ada yang bertanya, sebenarnya apa sih kegunaan halaman kontak? 

Pada dasarnya dengan halaman kontak para pengunjung dapat berinteraksi lebih pribadi dengan pemilik blog. Selain itu penting juga buat salah satu syarat dari Ads yang ingin anda publikasikan.

Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini langkah2nya :

  1.  Masuk dulu ke Google Drive dengan menggunakan akun Gmail anda.


  2.  Lihat sisi sebelah kiri. Klik "Create" lalu pilih "Form" (Untuk yang tampilan baru, langsung saja pilih Get started.). Setelah itu akan muncul jendela "Choose title and theme". Isikan title form yang akan dibuat, misal : "Contact Form". Pilih Theme dan klik "OK".


  3.   Selanjutnya kita akan membuat field-field Nama, Email, Subyek, dan Pesan. 
  • Membuat field Nama. Pada bagian "Question Title" isikan dengan "Nama". Karena jawaban dari field ini berupa text maka pada bagian "Question Type" pilih "Text". Jangan lupa klik "Required question" untuk menandai bahwa field ini wajib di isi. Kemudian klik "Done". 
  • Untuk membuat field selanjutnya, klik "Add Item".

 
  4.   Membuat field Email lakukan sama seperti langkah sebelumnya. Hanya dibagian "Question Title" isikan dengan "Email". Untuk membuat field selanjutnya, klik "Add Item".
  5.   Membuat field Subyek. Pada bagian "Question Title" isikan dengan "Subyek". Karena jawaban dari field ini berupa memilih pilihan yang ada maka pada bagian "Question Type" pilih "Choose from a list". Untuk membuat pilihannya ( misal : saran, kritik, pertanyaan, iklan, dll ) isikan pada Option 1, Option 2, dst. Untuk menambah Option, anda dapat mengklik "Clik to add option". Klik "Required question" untuk menandai bahwa field ini wajib di isi. Kemudian klik "Done".Untuk membuat field selanjutnya, klik "Add Item".
  6.  Membuat field Pesan. Pada bagian "Question Title" isikan dengan "Pesan".  Karena jawaban dari field ini berupa text panjang, maka pada bagian "Question Type" pilih "Paragraph Text". Jangan lupa klik "Required question" untuk menandai bahwa field ini wajib di isi. Kemudian klik "Done".







  7.  Jika dirasa sudah cukup, klik "Send Form" di pojok kanan atas. Pada jendela "Send Form" klik tombol "Embed". Copy paste kode HTML yang diberikan pada Halaman Kontak.
 

  8.  Buatlah halaman postingan baru, kemudian beri judul, misal : "Contact Us".

       Dashboard > Laman > Laman Baru
 

  9.  Pada bagian kiri atas, terdapat tombol "Compose" dan "HTML". Klik "HTML" dan pastekan kode yang tadi telah diberikan.

  10. Lihat halaman kontak anda pada browser. Selesai.


Silahkan di coba. Apabila ada pertanyaan atau kesulitan jangn sungkan untuk berkomentar :D











Description: Membuat Halaman Kontak ( Contact Form ) di Google Drive Rating: 4.5 Reviewer: petanimilenial ItemReviewed: Membuat Halaman Kontak ( Contact Form ) di Google Drive

13 komentar:

  1. saat buka google docs itu tulisan dan bahasanya tidak bisa dimengerti, lalu cara merubah menjadi tulisan latin atau bahasa inggris gimana ya Gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan buka link google docs di atas, kalo dah dihalamannya lihat pojok kanan atas, ada icon setting, pilih setting/setelan terus atur language/bahasa+zona waktu sekalian. semoga bisa membantu :)

      Delete
  2. semua langkah udah selesai tapi ko hasilnya tetep gk ada di tampilan blognya gan, tolong pencerahanya,
    ini blog saya gan tolong ya, http://sawlintang.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. contact us di blog ente gak ada linknya gan,,,bikin page/laman trus munculin di menu

      Delete
  3. terimakasih atas tipsnya, good
    silahkan di lihat hasilnya di website, http://budayabacabaca.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. makasih bro.... apakah nanti otomatis orang yg mau kirim email, masuk ke alamat email kita????

    ReplyDelete
  5. saya sdah mencobanya tapi kok ketika saya coba formnya kok ga ada masuk ke email saya kenapa ya?

    ReplyDelete
  6. ternyata ada masalah untuk pengiriman email, saya test di blog saya tetapi emailnya belum saya terima atau belum masuk di email masuk saya sendiri ?? ada solusi ??

    cek tekape -> www.maknyos.net

    ReplyDelete
  7. wah keren artikelnya....
    main-main juga yah ke blog ane...
    makasih

    ReplyDelete
  8. Terima kasih infonya gan...

    kapan-kapan kunjungi jg blog sy.. :)

    ReplyDelete
  9. Kontak form memang sangat penting ya, salah satu urgensinya adalah untuk menghubungi pemilik blog sebagai saran atau kritik yang ingin disampaikan. :D

    ReplyDelete