23 July 2013

SALES PROMOTION

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
 

Promosi penjualan merupakan komponen penting dari sebuah perusahaan. Pada intinya promosi penjualan adalah kegiatan pemasaran yang menambah proposisi nilai dasar di balik suatu produk untuk waktu yang terbatas untuk merangsang pembelian konsumen, menjual efektivitas, atau usaha dari gaya penjualan. Sebagai definisi ini menunjukkan, promosi penjualan dapat diarahkan baik pada konsumen akhir atau di penjual perantara seperti pengecer.

Menurut Basu S. (1999) Istilah penjualan sering digunakan secara sinonim dengan istilah promosi meskipun yang dimaksud promosi. Penjualan hanya meliputi kegiatan pemindahan barang/jasa atau penggunaan penjual saja, dan tidak terdapat kegiatan periklanan atau kegiatan lain yang ditujukan untuk mendorong permintaan. Jadi, penjualan hanya merupakan bagian dari kegiatan promosi.
Sedangkan menurut Indriyo G. (1994) promosi penjualan adalah merupakan kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkannya sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan dan pengaturan tertentu maka produk tersebut akan menarik perhatian konsumen.
Menurut Lamb, Hair dan McDaniel (2001) promosi penjualan adalah kegiatan komunikasi pemasaran, selain dari pada periklanan, penjualan pribadi, dan hubungan masyarakat, dimana insentif jangka pendek memotivasi konsumen dan anggota saluran distribusi untuk membeli barang atau jasa dengan segera, baik dengan harga yang rendah atau dengan menaikkan nilai tambah.
Sasaran promosi penjualan biasanya lebih mempengaruhi perilaku dibandingkan dengan sikap. Pembelian segera adalah tujuan dari promosi penjualan, terlepas bentuk apapun yang diambil. Karena itulah, kelihatannya lebih masuk akal ketika merencanakan suatu kampanye promosi penjualan untuk target pelanggan sehubungan dengan perilaku umum. Misalnya, apakah konsumen loyal terhadap produk anda atau terahadap produk pesaing anda? Apakah konsumen akan berpindah merek guna mencari kesepakatan yang lebih baik? Apakah konsumen hanya akan membeli produk paling kurang mahal saja, tidak peduli apapun? Apakah konsumen membeli setiap produk ketegori produk sama sekali? (Lam, Hair dan McDaniel, 2001).
Promosi penjualan terdiri dari kumpulan kiat insentif yang berbeda-beda, kebanyakan berjangka pendek, dirancang untuk mendorong pembelian yang lebih cepat dan/atau lebih besar dari suatu produk/jasa tertentu oleh konsumen atau pelanggan tersebut (Kotler, 2000).
Menurut Teguh Budianto dan Fandy C. (1997) promosi penjualan alat promosi yang merupakan perangsang bagi konsumen untuk segera melakukan pembelian, umumnya bersifat jangka pendek. Promosi penjualan dapat bersifat individu maupun non individu. Berdasarkan sasarannya, promosi penjualan dapat diklasifikasi menjadi:
  1. Promosi konsumen, misalnya produk sampel, kopun berhadiah, hadiah langsung, potongan harga, jaminan, garansi, pelayanan purnajual, demostrasi, dsb.
  2. Promosi dagang, misalnya kredit pembelian, hadiah pembelian, periklanan bersama, pajangan bersama, kontes penjual, dan sebagainya.
  3. Promosi bisnis, misahiya sponsor pertunjukkan, demostrasi dan peragaan dalam pertunjukkan dagang, kontes penjualan, hadiah penjualan dalam tebakan dan permainan dan sebagainya

Promosi penjualan berasal dari premis bahwa setiap merek atau jasa memiliki harga yang dianggap mapan atau nilai, yang "biasa" harga atau beberapa nilai referensi lainnya. Promosi penjualan diyakini untuk mengubah hubungan harga-nilai yang diterima dengan cara meningkatkan nilai dan / atau menurunkan harga. contoh Familiar dari penjualan alat-alat promosi konsumen mencakup kontes dan undian, brand-away memberikan barang dagangan, kemasan bonus-ukuran, diskon terbatas-waktu, rabat, kupon, percobaan gratis, demonstrasi, dan sistem point-akumulasi.
Tiga isu memperjelas promosi penjualan. Pertama, promosi penjualan peringkat pentingnya dengan iklan dan membutuhkan perawatan yang sama dalam perencanaan pembangunan dan strategi. Kedua, tiga penonton dapat ditargetkan oleh promosi penjualan: konsumen, reseller, dan kekuatan penjualan. Dan ketiga, penjualan promosi sebagai senjata kompetitif menyediakan insentif ekstra untuk target penonton untuk membeli atau mendukung satu merek di atas yang lain. Faktor terakhir membedakan promosi penjualan dari lainnya taktik bauran promosi. Misalnya, pembelian yang tidak direncanakan dapat langsung berhubungan dengan satu atau lebih menawarkan promosi penjualan.
Dalam rangka memahami peran dasar dan fungsi dari promosi penjualan, seseorang harus membedakan antara promosi penjualan dan komponen lain dari bauran pemasaran. Promosi penjualan biasanya beroperasi pada waktu singkat, menggunakan daya tarik yang lebih rasional, mengembalikan nilai yang nyata atau real, memupuk sebuah penjualan langsung, dan memberikan kontribusi yang besar terhadap profitabilitas. Ide kontribusi untuk profitabilitas mungkin membingungkan. Ini hanyalah rasio antara apa yang dihabiskan pada campuran promosi dibandingkan dengan keuntungan langsung yang dihasilkan oleh pengeluaran itu. Sebuah pengecualian beberapa karakteristik di atas memang ada. Misalnya, undian mungkin menggunakan daya tarik yang sangat emosional, sementara iklan bisnis-untuk-bisnis mungkin sangat rasional.

Sales Promotion: Merupakan suatu bujukan langsung yang menawarkan insentif atau nilai lebih untuk suatu produk pada sales force, distributor atau konsumen langsung dengan tujuan utama yaitu menciptakan penjualan yang segera.
Definisi promosi penjualan menurut institute of sales promotion in England: Promosi penjualan terdiri dari serangkaian teknik yang digunakaan untuk mencapai sasaran-sasaran penjualan/ pemasaran dengan menggunakan biaya yang efektif, dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada para perantara maupun pemakai langsung, biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu.

Inti dari kegiatan promosi adalah manfaat, atau alasan mengapa calon pembeli harus membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Manfaat yang dimiliki setiap produk atau jasa dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

- Fungsi. Apa yang dapat dilakukan oleh produk atau jasa tersebut, (contoh: makanan ringan yang hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk menyiapkannya)
- Citra. Gaya, prestise dan nilai emosional dari produk atau jasa tersebut
- Manfaat extra. Manfaat lain yang bukan bagian utama dari produk atau jasa tersebut (contoh: tambahan buku tulis gratis dan kupon potongan harga)

Promosi penjualan menggambarakan insentif-insentif dan hadiah-hadiah untuk membuat para pelanggan membeli barang-barang perusahaan sekarang ketimbang nanti. Jika iklan adalah alat jangka panjang untuk membentuk perilaku pasar terhadap suatu merk, promosi penjualan dimaksudkan sebagai alat jangka pendek untuk memicu terjadinya tindakan pembelian. Promosi penjualan menghasilkan respons-respons yang lebih cepat dan terukur dalam penjualan daripada yang dapat dilakukan oleh iklan.

Pertumbuhan promosi penjualan yang mencerminkan prioritas perusahaan yang lebih tinggi berkaitan dengan penjualan saat ini daripada terhadap pembentukan merk jangka panjangnya. Ini adalah satu bentuk hasil dari transaction marketing (TM) ketimbang relationship marketing (RM).

Promosi penjualan dapat diarahkan pada pengecer, pelangan dan tenaga penjualan. Pengecer akan bekerja lebih keras jika diberi penawaran diskon harga, jatah iklan dan display, dan produk-produk gratis. Mungkin pelanggan membeli produk kita jika disediakan kupon-kupon potongan harga, paket harga, hadiah-hadiah dan jaminan-jaminan. Tenaga penjual akan beroperasi dengan lebih giat sebagai respons atas diselenggarakannya kontes-kontes berhadiah untuk kinerja terbaik.

Tujuan Sales-Promotion
1.Peningkatan uji coba dan pengulangan pembelian
2.Peningkatan frekuensi dan kuantitas
3.Menghitung penawaran-penawaran dari pesaing
4.Membangun Customer database dan peningkatan ingatan konsumen
5.Cross-selling dan perluasan dari penggunaan dari suatu merk
6.Memperkuat brand image dan Memperkuat brand relationship

Penjelasan:
1.Peningkatan uji coba dan pengulangan pembelian
Untuk menarik perhatian calon konsumen baru, alat dari sales promotion dapat menurunkan resiko dari konsumen yang berusaha mencoba sesuatu yang baru.seperti menawarkan harga yang murah atau buy one get one free.

2. Peningkatan frekuensi dan kuantitas
Untuk menaikkan frekuensi dari pemebelian, Hal pertama yang harus dilakukan perusahaan adalah menghitung frekuensi pembelian secara teratur, pada pesanan utuk mengatur suatu tujuan, lalu harus menyusun strategi yang akan membuat konsumen akan membeli produk lebih sering.

3. Menghitung penawaran-penawaran dari pesaing
Pergunakan frekuensi yang berhubungan tinggi dengan para pesaing pada kategori produk tertentu.
Contohnya: Perusahaan-perusahaan penerbangan berusaha untuk memberikan penawaran-penawaran menarik. Garuda airlines membuka devisi City link memberikan harga murah untuk penerbangan ke Surabaya, itu dimaksud untuk mengimbangi lion air yang juga memberikan harga yang murah.

4. MembangunCustomer database dan peningkatan ingatan konsumen
Dengan menggunakan Promosi untuk membangun pusat data yang berhubungan dengan informasi konsumen. Dengan begitu perusahaan dapat merencanakan program-program reward dan memelihara hubungan dengan konsumen, yang terutama sekali adalah memilih yang paling menguntungkan perusahaan.

5. Cross-selling dan perluasan dari penggunaan dari suatu merk
Konsumen yang sudah terbiasa dengan suatu merk dan percaya, itu sudah cukup untuk membuat pembelian berulang, jika menjual kepada konsumen suatu produk lain tetapi dibawah merk yang sama atau yang membuat produk tersebut adalah perusahaan yang sama dapat lebih efektif dari pada menjual kepada konsumen yang tidak terbiasa dengan merk.

6. Memperkuat brand image dan Memperkuat brand relationship
Bagaimana Mc Donaldâls melakukan promosi untuk memperkuat image bahwa McDonals adalah tempat yang sesuai untuk anak-anak? SAlah satu caranya adalah menawarkan figure dari film terbaru Disney yaitu Teenie Beanies (versi yang lebih kecil dari mainan yang popular). Di beberapa restaurant Mc D banyak para konsumen yang sudah menunggu toko dibuka sejak jam 5.30 pagi.


Promosi Penjualan – Mengerjakan Sesuatu Yang Berbeda Untuk Merangsang Perubahan

Promosi penjualan merujuk pada kegiatan promosi, tidak hanya pengiklanan, publikasi dan penjualan secara personal yang akan merangsang kesenangan, mencoba atau membeli oleh pelanggan akhir atau yang lain dalam saluran pemasaran.

Promosi penjualan secara umum digunakan untuk melengkapi metode prpmosi yang lain. Ada banyak tipe dari promosi penjualan, dimana akan sesuai tergantung pada situasi dan tujuan.

Salah satu alasan untuk peningkatan penggunaan dari promosi penjualan oleh banyak pelanggan produk adalah bahwa meraka bersaing dalam tahap pendewasaan. Situai kompetisi diintensifkan oleh pertumbuhan yang luas, rantai pengecer yang kuat. Perubahan dalam bidang teknologi juga dapat membuat promosi penjualan lebih efisien. Pertumbuhan promosi penjualan juga dibantu denga banyaknya agen dan spesialis yang merencanakan dan mengimplementasikan program promosi penjualan.

Masalah Dalam Pengaturan Promosi Penjualan

Beberapa ahli berfikir bahwa manajer pemasaran khusunya yang membuat kesepakatan dengan pelanggan, membutuhkan penekanan pada promosi penjualan.

Masalah lain yang timbul dalam promosi penjualan adalah bahwa ini mudah untuk membuat besar kesalahan yang berhubungan dengan biaya. Karena promosi penjualan termasuk aktivitas yang luas, susah untuk perusahaan yang khusus untuk membangun keahlian dalam mengatur mereka.

Kesalahan promosi penjualan seringkali menjadi lebih buruk saat perusahaan tidak mempunyai manajer promosi penjualan. Pembuatan pekerjaan promosi pejualan adalah pembelajaran keahlian bukan pekerjaan sampingan untuk amatir.

Jenis-Jenis Promosi Penjualan Yang Berbeda Untuk Target Yang Berbeda

Banyak dari promosi penjualan ditujukan untuk pelanggan akhir atau pengguna mencoba untuk meningkatkan permintaan, mungkin secara temporer atau meningkatkan waktu pembelian. Semua usaha dari promosi penjualan ditujuakn pada tujuan yang spesifik.. Sekali produk dibentuk, promosi penjualan pelanggan biasanya fokus pada peningkatan penjualan pada jangka pendek.

Promosi penjualan yang ditujukan pada perantara sering disebut promosi perdagangan menekankan pada masalah yang berhubungan dengan uang. Perangkat yang diperlukan adlah termasuk penyisihan persediaan, penyisihan promosi dan mungkin kontrak penjualan untuk mendorong pengecer atau pedagang grosir menjual barang yang spesifik atau semua produk perusahaan.

Promosi penjualan ditujukan pada penguatan penjualan perusahaan sendiri dapat mencoba untuk mendorong penyediaan pelayanan yang lebih baik, mendapatkan pelanggan yang baru, penjualan produk baru atau penjualan semua produk perusahaan. Promosi penjualan yang masih berlanjut dapat ditujukan pada penguatan penjualan untuk membantu manajemen penjualan.

Consumer-market Sales Promotion Techniques
1.Coupons (kupon)
Sertifikat yang memberi hak pada pemegangnya untuk mendapat pengurangan harga seperti yang tercetak untuk pembelian produk tertentu. Kupon dapat dikirim, disertakan atau dilampirkan pada produk, atau diselipkan dalm iklan di majalah dan Koran. Kupon agar efektif sebaiknya memberika penghematan 15% sampai 20%

2.Price-off Deals
Memberikan potongan harga langsung di tempat pembelian, biasanya potongan harga berkisar dari 10% -25%.

3.Premium and advertising specialties
Barang yang ditawarkan dengan biaya yang relative rendah atau gratis sebagai insentif untuk membeli produk tertentu. Premi dengan paket menyertai produk di dalam atau pada kemasan. Kemasan itu sendiri, jika berupa wadah yang dapat digunakan kembali dapat berfungsi sebagai premi. Contohnya: sabun lux melakukan promosi yang menyelipkan cincin berlian dalam kemasannya.
advertising specialties mempunya 3 elemen kunci, yaitu: a message, place on a useful item, and given to consumers with no obligation. Contohnya kalender, t-shirts, coffe mugs, topi base ball, pens and computer mose pad.

4.Contest and sweepstakes (Kontes dan Undian)
Hadiah adalah tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau barang-brang karena membeli sesuatu. Ada juga beberapa kontes tentang mebuat jingle suatu produk.

5.Sampling and trial offers (pemberian contoh produk)
Penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa. Sampel itu dapat dikirim dari rumah ke rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain atau dipajang dalam suatu penawaran iklan. Pemberian sample adalah cara yang paling efektif dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru.

6 teknik yang dipergunakan pada sampling
  1. In-store sampling
Yang umum digunakan untuk produk-produk makanan dan kosmetika.
  1. Door-to-door sampling
Teknik ini lumayan mahal karena besarnya biaya tenaga kerja, tetapi dapat efektif jika pemasar mempunyai informasi lokasi yang sesuai dengan segmentasi dan target yang akan dicapai pada area geografi tertentu.
  1. Mail sampling
Mengirimkan sample melalui jasa pos. Sekali lagi perusahaan harus mengetahui kode daerah pos yang dapat ditargetkan. Bisa juga jasa layanan pos merupakan alternative dari distribusi door-to-door.
  1. Newspaper sampling
Teknik yang popular pada beberapa tahun terakhir ini dan hampir 42% konsumen melapor menerima sample
  1. On-Package sampling
Teknik dimana sample barang disisipkan pada kemasan produk lain, sangat berguna untuk Brands Targeted Contohnya: Pembelian RInso Berhadiah Molto Softener kemasan kecil. Pembelian shampoo pantene berhadiah conditioner pantene.
  1. Mobile sampling
Membawa keluar logo untuk menghiasi mall, area rekreasi, pekan raya dan pusat perbelanjaan.


6.Brand (Product) placement
Salah satu teknik dari sales promotion untuk mencapai pasar dengan memasukan produk pada sebuah acara televise atau film.
Contoh: agent inggris 007, james bond, menggantikan mobil Aston martin sports dengan New BMW Z3, suatu penempatan merk pada film golden eye sehingga pihak promosi BMW menghasilkan 6000 pesanan untuk tipe Z3.

7.Rebates (Rabat/ tawaran pengembalian tunai)
Memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi dan bukab pada took pengecer. Konsumen mengirim bukti pembelian tertentu kepada produsen.
Dikenal dalam tawaran barang konsumsi sebagai beli tiga, dapat satu gratis.

8.Frequency (Continuity) programs
Ini merupakan salah satu teknik sales promotionâl yang popular diantara konsumen. Frequency programs, juga mengarah kepada program-program yang berkelanjutan, seperti menawarkan konsumen discount atau hadiah produk gratis untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari merk atau perusahaan yang sama.

9.Event Sponsorship
Ketika perusahaan mensponsori suatu acara, seperti pertandingan balap mobil, konser musik atau acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas Merk meningkat bersamaan dengan para penonton di acara tersebut.Contoh: Bank Mandiri mensponsori acara berbagi dengan aceh, Wishmilak mengadakan pertandingan Tennis international di Bali.

Penentuan dari strategi Consumer sales promotion:
1.Mengerakkan motivasi melalui partnership strategi
2.Mengerakkan motivasi melalui loyalty strategi



Partnership Strategies
Cross promotion
is the promotion of two or more products together
Contoh: cheese dan crakers

Tie-in promotion
Is the linking of two products in advertising and in store merchandising promotion
Contoh: Promosi film Lord of the Rings movies pada 10.000 restoran Burger King. Demikian juga dengan JVC, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang elektronik yang menanda tangani kontrak eksklusif mensponsori trilogy dari film lord of The Rings. Produk dari JVC adalah DVD players dan VCR paket yg mempromosikan “The Fellowship of The New Line”.

Loyalty Strategies
In loyalty promotion, a company offers premiums or other incentive when
customer makes multiple purchase over time.
Sebuah program kesetiaan dapat menjadi kelengkapan yang baik sebagai bagian dari suatu program pengelolaan hubungan pelanggan, Namun banyak program kesetiaan sejenis itu yang tidak menghasilkan kesetiaan.

Contohnya: bagaimana seorang penumpang pesawat yangs sering terbang dapat menjadi konsumen yang loyal jika pelanggan masih dihadapkan pada masalah-masalah penerbangan dibatalkan, kehilangan bagasi dan awak pesawat yang tidak peduli?
Loyalty atau di dunia marketing dikenal dengan istilah brand loyalty dapat di indikasikan dari tingkat ketahanan pelanggan berada pada satu perusahaan (Customer retention rate). Rata-rata perusahaan kehilangan setengah dari pelanggannya dalam waktu kurang dari lima tahun. Perusahaan-perusahaan dengan tingkat kesetiaan merk yang tinggi akan kehilangan kurang dari 20% pelanggan salam lima tahun. Namun tingkat Customer retention rate yang tinggi dapat juga mengindikasikan hal-hal lain selain dari kesetiaan. Beberapa konsumen tetap setia pada suatu produk karena malas mencari alternative lain atau tidak peduli akan pilihan-pilihan tersebut atau sedang tersandera dalam suatu kontrak jangka panjang.

Untuk menciptakan pelanggan-pelanggan yang setia, perusahaan dituntut untuk melakukan diskriminasi antara pelanggan-pelanggan yang menguntungkan dan yang tidak menguntungkan bagi perusahaan. Tidak ada perusahaan yang dapat diharapkan untuk memberikan perhatian yang sama pada seorang pelanggan yang tidak menguntungkan seperti pada pelanggan yang menguntungkan. Perusahaan yang cerdik akan mendefinisikan tipe-tipe pelanggan yang sedang mereka cari, mana yang akan paling diuntungkan oleh penawaran-penawaran perusahaan; pelangan-pelangan inilah yang paling munkin menjadi setia. Dan pelanggan setia akan memberi keuntungan pada perusahaan di kemudian hari melalui arus kas jangka panjang dan akan menghasilkan sebarisan pelanggan baru bagi perusahaan sebagai hasil rekomendasi darinya.
Perusahaan memang sudah seharusnya berusaha untuk membangun pelanggan-pelanggan setia, meskipun begitu kesetiaan akan tidak dapat menjadi sebegitu kuatnya sehingga pelanggan dapat menahan godaan dari seseorang pesaing yang mendatangi mereka dengan proposisidengan nilai-nilai lebih kuat serta dapat memberikan pelanggan semua yang sudah mereka dapatkan sekarang ini, ditambah dengan keuntungan-keuntungan lainnya.

Keuntungan dari Frequent shopper programs/Loyalty Programs:
1.Kelengkapan data dari konsumen seperti data demografi dan informasi lainnya ketika para konsumen ikut serta pada program dan ketika mereka termotivasi untuk mengidentifikasikan diri mereka sendiri pada setiap transaksi.
2.Konsumen termotivasi oleh tawaran reward untuk meningkatkan jumlah pada setiap jumlah pembelian pada setiap datang.

Masalah yang utama pada penggunaan Frequent shopper Card adalah
Ketika konsumen lupa membawa kartunya pada waktu belanja.
Ketika konsumen terburu-buru kemungkinan memutuskan untuk tidak menunjukkan kartu pada transaksi pembelian.
Kartu sering terselip pada dompet konsumen oleh kartu-kartu yang lain.

Kekuatan dan Keterbatasan dari sales Promotion secara keseluruhan
Kekuatan utama dari consumer sales promotion adalah menaikan angka penjualan. Keuntungan hanya terjadi jika pada kasus-kasus di mana promosi penjualan berhasil mengajak pelanggan-pelanggan baru untukmencoba produk mereka dan di mana para pelanggan baru tersebut lebih menyukai produk baru tersebut dibandingkan dengan produk merk lama yang biasa mereka pakai. Namun banyak promosi penjualan hanya dapat menarik minat orang-orang yang suka berganti merk, yaitu mereka yang mencari harga yang paling murah, yang secara alamiah akan mencampakkan satu merk jika suatu merk lain sedang diobral. Promosi penjualan biasanya kurang memungkinkan untuk membujuk penguna-pengguna loyal dari merk lain dan pindak ke merk perusahaan anda.

Promosi penjualan bekerja sangat buruk pada pasar produk yang memiliki kemiripan merk yang tinggi. Promosi cenderung untuk menarik minat orang-orang yang suka beralih merk yang mencarai harga murah atau hadiah-hadiah dan mereka yang tidak setia pada satu merk. Lebih baik menggunakan promosi penjualan pada pasar-pasar produk yang memiliki ketidakmiripan merk yang tinggi, dimana pelanggan baru akan merasa bahwa mereka lebih menyukai produk anda dan fitur-fitur yang terdapat didalamnya daripada produk-produk yang menjadi pilihan mereka sebelumnya.
Promosi penjualan cenderung untuk lebih banyak digunakan oleh merk-merk yang lebih kecil memiliki lebih sedikit dana untuk dibelanjakan dalam iklan, dan dengan biaya yang sedikit dana untuk dibelanjakan dalam iklan, dan dengan biaya yang sedikit mereka dapat membuat orang-orang minimal mencoba produk mereka.

Promosi penjualan secara umum seharusnya dipergunakan dengan hemat, pemberian harga murah, kupon,potongan-potongan harga dan hadiah-hadiah yang dilakukan secara terus menerus dapat mengurangi nilai suatu merk dalam pikiran pelanggan. Hal ini akan membuat para pelanggan cenderung menunggu promosi penjualan berikutnya dan tidak membeli produk-produk tersebut sekarang juga.
Pilihlah promosi penjualan yang sesuai atau menambah citra merk dan menambah menambah nilai produk anda. Cobalah untuk menggunakan promosi penjualan bersama-sama dengan iklan. Iklan akan menjelaskan mengapa pelanggan sebaiknya membeli produk tersebut dan promosi penjualan menyediakan insentif-insentif yang mendorong calon pelanggan untuk membeli. Jika keduanya digunakan secara bersama-sama, iklan dan promosi penjualan akan menjadai kombinasi yang luar biasa.

SAMPLING
Sebuah tanda seorang marketer yang sukses adalah mendapatkan produk ke tangan konsumen. Terkadang, terutama ketika sebuah produk baru atau bukan pemimpin pasar, strategi yang efektif mencakup pemberian sampel produk kepada konsumen baik gratis atau untuk biaya yang kecil. Aturan pertama adalah menggunakan sampling hanya bila produk hampir bisa menjual sendiri. Dengan demikian, produk harus memiliki manfaat atau fitur yang jelas kepada konsumen. Selain itu, konsumen harus diberikan cukup produk untuk mengaktifkan yang akurat menilai dari nilainya. ukuran Trial suatu produk menentukan berapa banyak akan diterima.

Ada beberapa cara penyebaran sampel kepada konsumen. Yang paling populer telah melalui pos. Kenaikan biaya ongkos kirim dan persyaratan kemasan dan bundling, bagaimanapun, telah membuat metode ini kurang menarik. Alternatif adalah distribusi dari pintu ke pintu, terutama bila benda-benda tersebut besar dan / atau ketika organisasi distribusi terkemuka ada. Produk ini mungkin hanya digantung pada gagang pintu atau wajah disampaikan dengan muka. Metode ini memungkinkan sampling selektif lingkungan, tempat tinggal, atau bahkan orang-orang.

Metode lain adalah mendistribusikan sampel dalam hubungannya dengan iklan. Sebuah iklan mungkin termasuk kupon yang konsumen bisa mail dalam untuk produk, atau alamat atau nomor telepon untuk pemesanan dapat disebutkan dalam tubuh iklan. Sampling langsung dicapai melalui media utama menggunakan n'goresan '-mengendus kartu dan kantong foil langsing.

Produk juga dapat dicicipi langsung melalui pengecer yang mendirikan unit dipajang di dekat produk atau menyewa orang untuk memberikan produk kepada konsumen ketika mereka lewat. Teknik ini dapat membangun goodwill untuk pengecer dan efektif dalam mencapai konsumen yang tepat. Beberapa pengecer membenci ketidaknyamanan yang terjadi dan memerlukan pembayaran yang tinggi untuk kerja sama mereka.

Bentuk terakhir kesepakatan distribusi dengan jenis kekhususan sampling. Sebagai contoh, beberapa perusahaan spesialis dalam kemasan sampel bersama-sama untuk pengiriman kepada sekelompok konsumen yang homogen seperti pengantin baru, orang tua baru, siswa, atau wisatawan. paket tersebut dapat disampaikan di rumah sakit, hotel, atau asrama.

Promosi penjualan adalah kegiatan penting untuk bisnis. Salah satu cara efektif untuk promosi penjualan adalah untuk membagikan sampel produk gratis. Ketika konsumen diberi produk lengkap atau percobaan berukuran bebas, mereka lebih cenderung untuk mencoba produk dan menentukan seperti itu dan ingin membelinya.

Biasanya, contoh gratis yang diberikan sebagai bagian dari peluncuran produk baru. Waktu lain saat sampel pingsan adalah ketika sebuah perusahaan ingin meningkatkan pangsa pasar untuk produk. Bila situasi baik ada, distribusi dapat dilakukan dalam berbagai cara. Tujuannya haruslah untuk mendapatkan produk ke tangan konsumen.

Salah satu metode sampling disebut direct mail. Bila metode ini digunakan, sampel gratis dari suatu produk dikirimkan langsung ke rumah konsumen. Daerah dimana surat ditargetkan berdasarkan demografi. Jika sampling kepada massa lebih disukai, distribusi koran bisa digunakan.

pengiriman Door-to-door sampel produk gratis memiliki manfaat menabung untuk pengemasan dan pengiriman. Hal ini lebih ditargetkan, dan memiliki lead time yang lebih singkat juga.

Cara lain untuk mendistribusikan sampel adalah untuk paket sampel dengan item lainnya untuk dijual. Ini adalah cara yang hebat untuk membuat orang tertarik pada produk baru. Jika Anda mendistribusikan sampel di lokasi yang lalu lintas tinggi seperti mal atau teater, ini akan sangat efektif.

Yang paling berarti umum untuk distribusi sampel adalah sampling di dalam toko. Ini sangat sederhana. Apa yang terjadi pada pengambilan sampel pada toko adalah bahwa pembeli di toko diberi contoh produk gratis.

Karena ini, mereka sering maka akan melakukan pembelian impuls baris ini. Bahkan, meningkatkan bisnis ini begitu banyak yang banyak perusahaan akan mengizinkan konsumen untuk meminta sampel melalui Internet.

Itu tidak berarti bahwa ada sampel terbatas. Setiap perusahaan masih harus menghasilkan uang, dan mereka hanya anggaran untuk banyak untuk bahan giveaway atau promosi. Jika anda ingin mendapatkan sampel atau kupon melalui internet, sangat penting untuk permintaan ini sedini mungkin.

Bagaimana perusahaan memutuskan kapan sampling produk akan sesuai? Umumnya, mereka mendistribusikan sampel produk ketika mereka tidak bisa mendapatkan jenis efek dengan iklan sederhana saja. Ini juga harus masuk akal keuangan "seharusnya tidak biaya lebih untuk mendistribusikan sampel daripada yang wajar.


KUPON
Kupon sertifikat hukum yang ditawarkan oleh produsen dan pengecer. Mereka memberikan ditentukan tabungan pada produk yang dipilih saat disajikan untuk penebusan pada titik pembelian. Produsen mempertahankan biaya iklan dan mendistribusikan kupon mereka, menebus nilai wajah mereka, dan pengecer membayar biaya penanganan. Pengecer yang menawarkan dua atau tiga kali lipat jumlah kupon bahu biaya tambahan. Pengecer yang menawarkan kupon mereka sendiri menanggung total biaya, termasuk membayar nilai nominal. Ritel kupon setara dengan kesepakatan sen-off. Pada tahun 1859, Grape-Nuts sereal menciptakan teknik promosi dengan menawarkan kupon $ 0,01.

Produsen menyebarkan kupon dalam banyak cara. Mereka langsung dapat disampaikan oleh mailing, menjatuhkan pintu ke pintu, atau menyampaikan ke lokasi pusat seperti pusat perbelanjaan. Mereka mungkin mendistribusikan mereka melalui media-majalah, surat kabar, Minggu suplemen, atau freestanding sisipan (FSI) di surat kabar. Mereka mungkin memasukkan kupon ke dalam kemasan, pasangkan ke, atau mencetak pada sebuah paket. Kupon juga dapat didistribusikan oleh pengecer yang menggunakan mereka untuk menghasilkan traffic menyimpan atau untuk mengikat dengan taktik promosi produsen. Pengecer kupon yang disponsori biasanya didistribusikan melalui iklan cetak atau pada titik penjualan. Kadang-kadang, pengecer khusus seperti es krim atau toko elektronik atau yang baru saja dibuka pengecer akan membagikan kupon door to door atau melalui direct mail.
Description: SALES PROMOTION Rating: 4.5 Reviewer: petanimilenial ItemReviewed: SALES PROMOTION

7 komentar:

  1. Terimakasih, Artikelnya sangat mearik.

    ReplyDelete
  2. Waw, artikelnya lengkap banget.
    Jadi tercerahkan.

    ReplyDelete
  3. Saya baru memulai jasa cuci ac.
    dengan membaca artikel ini, saya jadi tahu bagaimana cara saya mempromosikan jasa cuci ac saya.
    Terimakasih Banyak.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih mas, artikelnya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  5. Artikel yang menarik.
    Untuk consumer market sales promotion techniques itu sumbernya dari mana ya?

    ReplyDelete
  6. Sales Promotion ~ Light Squad >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Sales Promotion ~ Light Squad >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Sales Promotion ~ Light Squad >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete
  7. Sales Promotion ~ Light Squad >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Sales Promotion ~ Light Squad >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Sales Promotion ~ Light Squad >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK J8

    ReplyDelete